Apa Itu P2P Lending Dan Bagaimana Cara Kerja P2P Lending?

Apa Itu P2P Lending – Mempersiapkan kehidupan untuk masa depan yang lebih baik adalah salah satu tujuan banyak orang dalam hidupnya. Namun, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik tentu memiliki banyak cara. Salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah merencanakan keuangan kamu mulai hari ini dengan mengembangkan dana.



Salah satu cara mengembangkan dana adalah melalui platform P2P Lending dengan memberikan pinjaman kepada UKM di Indonesia, sehingga kamu bisa mendapatkan bunganya.

Apa Itu P2P Lending?

P2P Lending atau Peer-to-Peer Lending merupakan sebuah layanan yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjaman-meminjam melalui sistem elektronik. Penerima pinjaman (Borrower) adalah orang dan/atau badan hukum yang memiliki utang melalui perjanjian layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi.

Pemberi pinjaman (Lender) adalah orang, badan hukum, dan/atau badan usaha yang memiliki piutang karena perjanjian layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Peraturan soal P2P diatur dalam peraturan OJK 77/2016 (POJK).

Lalu, Bagaimana Cara Kerja P2P Lending?

Pada P2P Lending terdapat 2 pihak yang saling terkait yaitu Lender dan Borrower.  Karena itu kamu juga perlu mengetahui cara kerja kedua pihak ini.

       Untuk Borrower

Saat kamu membutuhkan pinjaman yang dapat kamu lakukan hanyalah melakukan pengumpulan dokumen dan mengunggah semua dokumen tersebut. Dokumen tersebut berupa laporan keuangan perusahaan milikmu. Saat mengajukan pinjaman ini juga, pengajuan kamu dapat diterima dan ditolak, hal ini tergantung dari beberapa faktor yang ada.

Jika pengajuan ditolak, maka lakukan perbaikan dari segala hal yang menjadi alasan penolakan permohonan itu. Namun, jika pengajuan diterima maka akan dibuatkan campaign untuk penggalangan dana dan ditampilkan dalam platform tersebut agar para lender dapat melihat dan memberikan pinjaman kepada usaha tersebut.

       Untuk Lender

Untuk lender, kamu dapat memilih berbagai macam perusahaan atau UKM yang membutuhkan dana dalam pengembangan usaha miliknya. Saat dalam proses memilih perusahaan atau UKM tersebut, kamu juga dapat melihat data jelasnya mengenai pinjamannya, highlight keuangannya, tujuan peminjamannya, agunan yang dijaminkan dan sebagainya.

Jika sudah menentukan pilihan untuk memberikan pinjaman kepada salah satu perusahaan atau UKM pada platform tersebut, kamu dapat melakukan pendanaan sejumlah dana sesuai dengan yang kamu mau.

Setelah itu, borrower tersebut akan mencicil dana pinjamannya setiap bulan sementara lender akan menerima berupa pokok dan bunganya. Besaran bunga ini akan disesuaikan pada suku bunga pinjaman yang diberikan.

Untuk itu, untuk kamu yang ingin mulai belajar menggunakan platform P2P Lending kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta lainnya yang dapat kamu pertimbangkan mengapa kamu perlu mencoba melakukan pendanaan di P2P Lending:

       Bunga yang Pasti

Seperti yang sudah dibahas di atas pendanaan merupakan hal yang baik untuk dilakukan karena sudah jelas bunganya sejak awal. Bunga yang kamu terima juga akan diberikan setiap bulannya, dengan ini kamu dapat lebih baik dalam merencanakan keuangan milikmu.

       Risiko Dapat Diukur

Nah, di pendanaan P2P Lending risikonya tentu relatif cukup tinggi, bunga yang didapat juga relatif tinggi. Selain itu, pendanaan P2P Lending ini ada risiko gagal bayar dari pelaku usaha. Namun, dengan adanya proses credit scoring tentu dapat menekan risiko untuk para lender.

Mereka yang ingin melakukan pendanaan terlebih dahulu dapat melihat credit rating peminjam.

       Dapat Dimulai dari Nominal Kecil

Banyaknya layanan pendanaan P2P Lending yang berkembang di Indonesia ini semakin membuat kita bingung memilih platform P2P Lending yang cocok untuk kita. Tapi jika kamu ingin pemula dan ingin memulai mendanai dengan nominal yang kecil, Akseleran dapat menjadi pilihan kamu.

Karena di Akseleran, kamu dapat memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000. Tetapi untuk kamu yang ingin mendanai dengan nominal yang lebih besar pun tetap bisa. Jadi, kapan mau memulai pendanaanmu?

Daftar Sekarang dan Dapatkan Bunga 18%-21% per tahun di Akseleran

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

 

Post a Comment

0 Comments