Tips Menyusui di Luar Rumah Agar Nyaman dan Aman

Kelahiran buah hati tentu menjadi hadiah paling istimewa yang diperoleh para moms di dunia ini. Sebagai ibu hebat, moms pasti menginginkan segala yang terbaik bagi si kecil. Termasuk memberikan ASI eksklusif. Akan tetapi, menyusui bayi pertama-tama tentu tidak jarang justru menimbulkan persoalan tertentu. Terlebih saat keadaan harus menjadikan moms menyusui di luar rumah.



Serba-Serbi ASI

Menyusui tentu menjadi serangkaian proses merawat bayi bagi seorang ibu. Menyusui dengan ASI eksklusif tentu menjadi kewajiban bagi ibu yang mampu. ASI sangat dianjurkan dari segi kesehatan karena pada dasarnya mampu memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh buah hati. ASI bisa melindungi bayi dari risiko kuman penyakit. Kandungan protein laur biasa juga bisa mempercepat kesembuhan.

Di samping itu, pemberian ASI eksklusif sangat bagus sebagai jaminan asupan nutrisi higenis sekaligus aman bagi buah hati. Dengan rutin mengonsumsi ASI, tentu si kecil bisa terhindar dari berbagai macam risiko penyakit berbahaya seperti asma, obesitas bahkan penyakit pencernaan lainnya. Untuk itu, moms perlu selalu memberikan ASI eksklusif bagi buah hati tercinta.

Tips Menyusui di Luar Rumah

1.     Tempatkan pada posisi nyaman

Dalam hal menyusui moms perlu mencari tempat yang nyaman dan pas. Ini cukup penting mengingat bayi belum cukup mampu menghisap dengan baik. Saat moms bisa menempatkan diri pada posisi yang nyaman, tentu ini bisa mengurangi risiko puting lecet. Utamakan juga memberikan kenyamanan pada buah hati dengan popok terbaik seperti Merries. Dengan demikian, bayi selalu nyaman ketika menyusui.

Ketahui juga tips aman ketika menyusui melalui artikel ini yuk moms!:

https://merries.co.id/community-parenting-/umum/4-tips-aman-menyusui-di-luar-rumah.

2.     Menjaga kebersihan diri

Ketika menyusui, moms perlu menjaga kebersihan diri. Ini hukumnya wajib. Biasakan diri untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui si kecil. Ini penting demi senantiasa menjaga kesehatan dan keamanan tubuh si kecil. Walaupun pada awalnya terasa cukup merepotkan, akan tetapi ini sangat bagus demi meminimalisir adanya kuman dan virus yang menempel di tubuh bayi.

3.     Pakai masker

Saat sedang menyusui di luar rumah, moms perlu memakai masker. Dengan memakai masker tentu bisa menjadi semacam antisipasi dari berbagai macam kemungkinan risiko yang bisa terjadi. Sebagai tambahan, moms juga bisa memakai cover ketika sedang memberikan ASI di luar rumah. Si kecil tentu akan semakin terlindungi dengan adanya cover seperti ini.

4.     Usahakan hindari kontak fisik dengan orang lain

Moms juga perlu meminimalisir kontak fisik dengan orang-orang yang ingin menyentuh si kecil. Sekalipun memang perlu bersentuhan, usahakan orang-orang tersebut sudah mencuci tangan terlebih dahulu. Kulit bayi tentu sangat sensitif. Dikhawatirkan dengan adanya orang-orang yang menyentuh bayi sembarangan justru bisa menempelkan kuman tertentu.

Pada dasarnya menyusui dengan ASI eksklusif memang dianjurkan bagi seorang ibu. Terbukti bahwa ASI memiliki begitu banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh buah hati. Memiliki bayi yang sehat tentu menjadi impian bagi semua ibu. Moms bisa mengawalinya dengan memberikan ASI terbaik. Berikan selalu ASI eksklusif sampai usia bayi menginjak 6 bulan atau saat memasuki masa MPASI.

Post a Comment

0 Comments